Minggu, 09 Oktober 2016

Komunikasi Data, Internet dan Teknologi Seluler

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan informasi antara pengirim dan penerima data.
Tujuan komunikasi data adalah menyediakn seperangkat komponen dan regulasi yang memungkinkan computer bisa saling berbagi sumber daya. Komponen itu adalah protocol dan regulasinya adalah standarisasi.
A.     MODE OSI
ISO (International Standard Organization) telah mengeluarkan standard international untuk komunikasi data yang disebut sebagai OSI (Open System Interconection). Nomor dokumen standard untuk OSI ini adalah ISO/OSI 7498. Dalam standard ini OSI membuat model abstrak jaringan yang membaginya menjadi 7 layer (lapisan) sebagai berikut.
1.     Layer pertama       : Physical berfungsi menangani transmisi pada level bit dan sinyal elektronik
2.     Layer kedua : Data Link berfungsi memberikan komunikasi antara titik (node) yang saling bertentangga
3.     Layer ketiga : Network dimana dalam layer ini terdapat tanggung jawab untuk penentuan jalur pengiriman data.
4.     Layer keempat: Transport bertanggung jawab untuk pengiriman pesan dan data
5.     Layer kelima : Session berfungsi melakukan komunikasi antar proses dalam computer yang sedang berkomunikasi
6.     Layer keenam       : Presentation mendefinisikan sintaks antara dua computer yang sedang berkomunikasi. Fungsi enkripsi (penyandian) data dan kompresi (pemampatan) data berada di layer ini.
7.     Layer ketujuh       : Application (tempat pengguna berinteraksi). Baik untuk pengiriman email, transfer file maupun kegiatan lainnya.
Dalam setiap layer terdapat komponen utama yang disebut protocol.
Sintaks adalah pengaturan data dalam urutan pengiriman, sedangkan semantic adalah bagaimana struktur data.

B.     PROTOCOL
Dalam proses komunikasi data protocol adalah komponen yang bertanggung jawab atas pengiriman data dan penerimaannya. Yang harus dimiliki oleh semua protocol adalah deteksi keberadaan koneksi fisik, pengertahuan dari beragam karakteristik koneksi, memulai dan mengakhiri pengiriman, format pesan, penganan pesan yang bermasalah serta mengakhiri koneksi.
Protocol yang paling banya digunakan saat ini adalah TCP/IP. Terdapat penyederhanaan dari 7 layer menjadi 4 layer. Penyedehanaan layer OSI dalam TCP/IP adalah dengan penggabungan layer session, presentation, dan application menjadi satu layer.
Beberapa protocol penting dalam komponen TCP/IP adalah PPP (point to point protocol), PPTP (Point to Point Tunnelling Protocol) ARP (Address Resolution Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) yang berada di layer datalink.
    ICMP (Internet Control Massage Protocol) yang berada di layer network bertugas mengatur alur pesan yang keluar masuk.

 
 Penggunaan computer mempermudah berbagai jenis pekerjaan, keberhasilan computer sebagai peralatan yang mengefektifkan berbagai pekerjaan karena computer memiliki berbagai manfaat di antaranya (Sulistyo Basuki PUST 2255:2.39
1.       Dengan computer mengahsilkan jumlah yang lebih banyak.
2.       Dengan menggunakan computer kualitas pekerjaan akan mudah terkontrol, terkoreksi sehingga pekerjaan lebih baik.
3.       Dengan computer waktu yang diperlukan ntuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga mempercepat pengambilan keputusan ataupun pertanyaan yang dapat  membantu hubungan antara pengguna dengan sumber informasi.

Kelebihan penggunaan computer dapat dimanfaatkan untuk memberikan layanan pada pengguna perpustakaan. Di antaranya penelusuran koleksi lebih cepat dan akurat. Pemesanan buku ataupun foto copy jurnal jarak jauh dapat dilayani











                                                    
Latihan!
Sebutkan berbagai penggunaan aplikasi computer!
Jawaban
a.     Program pengolahan kata, contohnya: Microsoft word, Word Pad, EordStar, dan Adobe PageMaker.
b.     Program pengolah angka, contohnya Microsoft Exel, lotus 123, dan Quattro Pro.
c.      Program database, contohnya: Microsoft Access, Paradox, Visual dBase dan dBase 111+.
d.     Program presentasi, contohnya: Microsoft Powerpoint dan Micromedia Flash
e.     Program grafis, contohnya: CorelDraw, Adobe Photoshop, dan Micromedia FreeHand.
f.      Program teknis, contohnya: Visio, AutoCAD dan Visio Architecture.
g.     Program akutansi, contohnya: MYOB, DEA, General ledger dan Sybiz.
h.     Program olah data statistic, contohnya: SPSS.
TES FORMATIF 1
1)     Komunikasi data merupakan ….
A.   Proses pengiriman dan penerimaan informasi antara pengirim dan penerima
B.     Terkoneksinya computer
C.     Terjadinya migrasi data antar departemen
D.     Terjadinya migrasi data antar unit
2)     Komunikasi data memproyeksikan ….
A.     Jumlah computer yang terkoneksi
B.     SDM yang terlibat dalam pertukaran informasi
C.    Transfer data, metode transfer serta preservasi data
D.     Jumlah data yang bisa diunduh ( di download)
3)     Local Area Network (LAN) adalah ….
A.     Jumlah computer yang bisa diakses
B.     Fasilitas akses informasi/data
C.    Computer yang terhubung dalam satu organisasi
D.     Computer induk yang tidak dapat diperbaharui datanya.
4)     Manfaat yang dapat diperoleh dari LAN adalah ….
A.   Setiap computer dalam jaringan dapat saling berbagi sumber daya
B.     Mempercepat temu kembali informasi
C.     Menghemat biaya pemrosesan data
D.     Mengefisiensikan pengelolaan data
5)     Dalam setiap layer sesuai standar OSI terdapat komponen protocol berfungsi ….
A.   Mengimplementasikan hardware, software sehingga computer dapat berkomunikasi
B.     Sebagai induk data
C.     Database informasi yang sudah dikodefikasi
D.     Yang mengatur seluruh pengelolaan data dalam lingkup LAN



Internet dan Teknologi Seluler

A.    PERKEMBANGAN INTERNET
     Jaringan internet telah berumur cukup tua dan berawal dari pembentukan Advanced Research Project Agency (ARPA) oleh angkatan bersenjata AS. Belakangan ARPA berubah nama menjadi DARPA dengan penambahan kata Defense di depan. DARPA membentuk Information Processing Technology Office (IPTO) untuk mengembangkan program bertajuk Semi Automatic Ground Environment (SAGE). Program SAGE adalah salah satu penelitian untuk menghubungkan seluruh radar pertahanan di Amerika untuk pertama kalinya dalam satu jaringan berskala nasional. Untuk mengepalai IPTO, ARPA menunjuk J.C.R Licklider, seorang pendiri dari Lincoln Laboratory milik Massachussets Institue of Technology. Licklider bersama timnya, pada 1969 mebuat ARPANET yang menjadi cikal bakal internet saat ini. Poin (node) pertama dari seluruh jaringan ARPANET ini terletak di kampus UCLA dan mulai beroperasi pada 29 Oktober 1969.
     Dengan dukungan tiga institusi yaitu British Post Office, Western Union International dan Tymnet, ARPANET  berkembang menjadi computer Intenational pertama di dunia dengan nama International Packet Switched Network (IPSS) pada 1978. Tiga tahun kemudian jaringan IPSS yang merupakan cikal bakal internet ini telah melingkupi Eropa dan Amerika Serikat sampai Kanada Hong Kong, dan Australia. Pada tahun 1978, terdapat 2 jaringan lain selain ARPANET yang berada dibawah DARPA yaitu Packet Radio Network dan Atlantic Packet Satellite.
     Istilah Internet sendiri muncul pada dokumen RCF 675 yang bertajuk Internet Transmission Control Protocol. Di sini semua jaringan yang menggunakan TCP/IP dan masuk ke jaringan ARPANET dinyatakan sebagai internet.
     Kemudian sejak 1984, lembaga riset terbesar di dunia CERN juga mengembangkan protocol TCP/IP sendiri. Pesatnya perkembangan Internet menyebabkan semakin banyaknya institusi yang terhubung ke dalam jaringan Internet. Di akhir decade 1980-an, internet mulai masuk ka Asia.
B.    INTERNET SAAT INI
Dengan semakin berkembangnya jumlah pengguna Internet, terutama dengan makin berkembangnya teknologi telekomunikasi maka Internet telah menjadi gaya hidup.
Internet pun kini telah menjadi antar muka (interface) untuk hampir seluruh kegiatan operasional organisasi. Baik dalam bentuk software maupun dalam bentuk website saja.

C.    TEKNOLOGI SELULER
Satu teknologi lain yang kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari adalah teknologi seluler. Teknologi seluler berkembang sejak lama dan jauh lebih tua ketimbang teknologi internet.
     Teknologi seluler pertama baru diujicobakan oleh AT&T pada 1953 dengan beroperasi pada frekuensi 800 MHz. regulator telekomunikasi Amerika, FCC (Federal Communication Cummission) pada 1970 mengajukan alternative pengembangan teknologi telekomunikasi bergerak pada frekuensi 75 MHz. Fcc meminta perusahaan telekomunikasi di seantero Amerika mengajukan konsep dan kelayakan dari teknologi yang akan diuji cobakan pada frekuensi tersebut. Dan ternyata hanya AT&T yang mengajukan konsep teknologi seluler pada tahun 1971. Disinlah sejarah awal lembar pengembangan teknologi seller dimulai.
     Pada 1977, FCC memberikan lisensi penggunaan teknologi seluler untuk public pada AT&T, dengan Ilinois Bell Telephone sebagai kota awal uji coba teknologi ini. Pada tahun 1978, system seluler pertama ini berhasil melayani 2000 pelanggan. Ini menjadi titik awal penerapan teknologi seluler pertama  yang disebut OG (generasi nol). Teknologi seluler yang kita kenal sekarang ini telah mencapai generasi ketiga dan keempat (3G dan 4G).
     Global System for Mobile Communication (GSM) adalah teknologi seluler digital yang mulai dikembangkan di Eropa oleh European Conference of Postal and Telecommunications Administrations (CEPT) sejak 1982. CEPt berencana membuat standar telekomunikasi seluler yang akan diterapkan di seantero Eropa dengan membentuk Groupe Special Mobile (GSM).
Pada 1990 ETSI (European Telecommunications Standards Institute) membuat standar spesifikasi GSM pertama kali. Jaringan GSM mampu memberikan layanan selain suara juga data. Oleh karena iru, GSM menjadi salah satu pilihan bagi kovergensi (penggabungan) antara jaringan internet dengan jaringan seluler. Standarisasi di tingkat internasional dan kematangan teknologi GSM menjadikannya sebagai pilihan utama bagi komunikasi seluler di level global.
     CDMA (Code Division Multiple Access) penggunaan awal dari teknologi ini adalah pada system satelit untuk system logistic OmniTrack dan GPS (Global Positioning System). Teknologi CDMA memungkinkan setiap operator menetapkan standar sendiri.
     Kovergensi antara teknologi seluler dan teknologi internet kini menjadikan dunia sebagai sebuah kampong digital. Kini kita dapat mengakses dunia dengan mudah berkat dua teknologi tersebut.


 


 Untuk memasuki Internet (Sulistyo Basuki, PUST 2255, 6: 33) pemakai harus memiliki computer dengan modem yang dihubungkan dengan media yang tersedia, misalnya sambungan telepon. Untuk memudahkan pemakai, computer pribadi (personal computer, PC) sedikitnya memiliki processor 80486 atau yang lebih tinggi. PC tersebut memilki RAM paling sedikit 8 megabyte, harddisk 250 megabyte dan modem dengan kecepatan 9.600 Bps.






Latihan!
1)     Jelaskan fasilitas e-mail dan newsgroup di internet!
2)     Jelaskan konsep dasar internet! World Wide Web (WWW)!
3)     Jeaskan konsep operasional internet!

Jawaban
1)     a. fasilitas pada email: Inbox (kotak masuk), Check mail (cek email), Compose (menyusun), Folders (folder), Adddress Book (alamat buku), reply (balasan), Forward (depan), Trash(sampah), Attachment (lampiran), Option/Confoguration (opsi/konfigurasi), Bulk mail, Signature (tanda tangan)
b.      Newsgroup: multimedia (audio visual), kofoerensi video, teks, teks dan audio, Chat (internet Relay Chat atau IRC).
2)     Adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer yang dihubungkan dengan jalur Internet keseluruh Dunia. Informasinya bisa dalam bentuk surat, gambar, suara dan video. Perbedaan antara Web dan program internet lainnya adalah bahwa, Web menggunakan tatacara pertalian materi menjadi satu dikenal dengan nama "Hyperlinks". Jika pertaliannya berlandaskan teks maka disebut "Hypertex.
3)     Di bawah ini akan diterangkan mengenai bagaimana cara kerja internet :
1. Modem
Modem adalah perangkat tambahan yang menjembatani komputer supaya dapat terhubung dengan jaringan internet. Modem berperan untuk merubah suatu sinyal digital menjadi sinyal analog dan merubah sinyal analog jadi sinyal digital.
2. Router
Router yaitu alat jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Bila router diposisikan di antara internet serta jaringan internal, router itu bisa berlaku untuk firewall. Router umumnya dilengkapi dengan tabel data alamat-alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan
3. Domain name server
Domain name server atau yang umum disingkat dengan DNS adalah penerjemah dari suatu alamt IP address ke alamat domain address dan sebaliknya. DNS adalah bagian utama dari internet lantaran server-server DNS mengatasi penerjemahan naman-nama host ke IP address numerik hingga paket-paket bisa dirutekan ke alamat yang tepat didalam internet.
4. Situs server
Situs server adalah aplikasi yang dipakai untuk menerima permintaan informasi dari user lewat situs browser dan kirim kembali informasi yang diminta lewat hypertext transfer protocol atau HTTP. Umumnya situs server ditempatkan di komputer khusus pada situs hosting.
5. ISP atau internet service provider
ISP adalah perusahaan penyedia service koneksi ke internet. Biasanya ISP memiliki beberapa modem di mana pelanggannya dapat melakukan dial up dengan akun PPP.



TES FORMATIF 2
1)     Fasilitas yang dapat dimanfaatkan pada jaringan internet di antaranya ….
A.     E-mail dan mailing list
B.     Membuat format laporan
C.     Membuat animasi
D.     Membuat table untuk keperluan akuntansi
2)     Mesin pelacak (search engine) untuk menemukan berbagai informasi di antaranya ….
A.     Word, exel
B.   Google, yahoo
C.     Netscape, internet explorer
D.     Server, vendor
3)     Mailing list sebagai salah satu fasilitas di internet digunakan untuk ….
A.     Megirim surat
B.   Komunikasi atau bertukar informasi komunitas tertentu
C.     Diari seseorang
D.     Membuat animasi
4)     Perbedaan mailing list dan new group adalah ….
A.     Sebagai sarana untuk bertukar pikiran
B.   Mailing list secara aktif menyebarkan informasi ke anggota
C.     Newsgroup secara aktif menyebarkan informasi ke anggota
D.     Mailing list menggunakan search engine yang mudah dioperasionalkan
5)     World Wide Web (WWW) sebagai lingkungan yang memungkinkan seseorang saling bertukar informasi, WWW mencakup ….
A.   Teks, grafik, audio, video
B.     Word, exel
C.     Netscape, Google
D.     Yahoo, infoseek 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar